Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 2
Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 2, buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan K13 yang disempurnakan untuk semester 2 pada siswa dan guru sekolah dasar. Buku teks ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku teks ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.
Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 2
Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa
diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan
perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis
dan laman buku.kemdikbud go id atau melalui
email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas
buku ini.
Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 2
Bagaimana Menggunakan Buku Guru?
Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Bacalah
halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah
setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3. Upayakan
untuk mencakup kompetensi pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam semua
kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung
pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
4. Dukunglah
ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan kegiatan
pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah
setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan
halaman yang dimaksud.
6. Mulailah
setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema
pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang
menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita,
mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan
sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar
pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting
untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang
diuraikan dalam buku ini.
7. Kembangkan
ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya
menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan
perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada
saat hujan).
8. Pilihlah
beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran,
mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya).
Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung,
diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah
keterampilan berikut ini:
a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
Bagi Bapak/Ibu yang ingin download buku kelas 2 k13 khususnya guru kelas 2 SD/MI , silakan klik tautan yang telah tersedia di bawah ini 👇👇👇
Download Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2
Semester 2
Download Buku Guru
Download Buku Siswa
Referensi Download :