Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah
Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah, Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan jenjang sekolah dasar kelas awal1,2 dan 3 SD/MI yang kami bagikan ini dilingkapi dengan PPK, HOTS, 4C yang pada edisi 2018 ini banyak mengalami perubahan, hal-hal yang terkait tentang itu adalah beberapa perubahan pada modul Kelompok Kompetensi yang ada.
Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah, Dalam konteks pendidikan peserta didik harus dipandang sebagai pribadi yang utuh, yaitu sebagai satu kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial, sebagai satu kesatuan jasmani dan rohani, serta sebagai makhluk Tuhan. Dengan melihat sifat-sifat dan ciri-ciri tersebut pada hakekatnya setiap manusia adalah pribadi atau individu yang utuh, tidak dapat dibagi, tidak dapat dipisahkan dan bersifat unik. Artinya manusia tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan raganya, rohaniah dan jasmaniahnya, kegiatan jiwa dalam kehidupan sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya bukan kegiatan jiwa saja dan sebaliknya. Bersifat unik menunjukkan sifat khas yang membedakan individu tersebut dengan individu lainnya, bahwa di dunia ini tidak ada orang yang persis sama.
Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah, Dalam konteks pendidikan peserta didik harus dipandang sebagai pribadi yang utuh, yaitu sebagai satu kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial, sebagai satu kesatuan jasmani dan rohani, serta sebagai makhluk Tuhan. Dengan melihat sifat-sifat dan ciri-ciri tersebut pada hakekatnya setiap manusia adalah pribadi atau individu yang utuh, tidak dapat dibagi, tidak dapat dipisahkan dan bersifat unik. Artinya manusia tidak dapat dipisahkan dari jiwa dan raganya, rohaniah dan jasmaniahnya, kegiatan jiwa dalam kehidupan sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya bukan kegiatan jiwa saja dan sebaliknya. Bersifat unik menunjukkan sifat khas yang membedakan individu tersebut dengan individu lainnya, bahwa di dunia ini tidak ada orang yang persis sama.
Lembar Kerja Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah
(Yusuf, 2014:23), Usia anak SD berada dalam akhir masa kanak-kanak yang berlangsung dari usia 6 s.d. 12 tahun. Individu yang melakukan kegiatan belajar adalah peserta didik, oleh karena itu dalam proses dan kegiatan belajar tidak dapat melepaskan peserta didik dari karakteristik, kemampuan dan perilaku individualnya. Keragaman karakteristik dapat dilihat secara fisik, kepribadian dan perilaku seperti berbicara, bertindak, mengerjakan tugas, memecahkan masalah, dsb. Dari berbagai keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan (ability) dan kepribadian (Makmun, 2009:53).
Adanya informasi mengenai karakteristik individu memberikan implikasi kepada proses pembelajaran yaitu pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sebagai individu.
Hal yang sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah guru menciptakan kondisi kondusif supaya setiap individu peserta didik dapat belajar secara optimal, meskipun mereka berada dalam kelompok. Dengan demikian dalam proses pembelajaran setiap individu memerlukan perlakuan yang berbeda, maka strategi dan upaya pelaksanaanya pun akan berbeda pula.
Desmita (2014:57) mengatakan, ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan berkaitan dengan karakteristik individual peserta didik, yaitu (1) Karaketristik yang berkaitan dengan kemampuan awal atau prerequisite skills, seperti kemampuan intelektual, kemampuan berpikir dan hal-hal yang berhubungan dengan aspek psikomotor. (2) Karakteristik yang berkaitan dengan latar belakang dan status sosio-kultural. (3) Karakteristik yang berkaitan dengan perbedaan-perbedaan kepribadian, seperti perasaan, sikap, minat dan sebagainya.
Sangat penting bagi guru memahami keragaman karakteristik individu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Pemahaman ini sangat bermanfaat dalam memilih dan menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan tepat sehingga dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara efektif.
Bersama ini kami bagikan kepada Rekan Pendidik Sekolah Dasar (SD) Modul PKB SD Revisi 2018 Kelas Bawah yang meliputi dari kompetensi sebagai berikut :
1. Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik
Profesional : Penguasaan Dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
Profesional : Penguasaan Dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
2. Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar Dan Prinsip Pembelajaran
Profesional : Genre Dan Apresiasi Sastra
Pedagogik : Teori Belajar Dan Prinsip Pembelajaran
Profesional : Genre Dan Apresiasi Sastra
3. Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar
Profesional : Kajian Bilangan Dan Statistika Sekolah Dasar
Pedagogik : Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar
Profesional : Kajian Bilangan Dan Statistika Sekolah Dasar
4. Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
Profesional : Kajian Geometri Dan Pengukuran Sekolah Dasar
Pedagogik : Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
Profesional : Kajian Geometri Dan Pengukuran Sekolah Dasar
5. Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
Profesional : Kajian Materi Ips Sekolah Dasar
Pedagogik : Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
Profesional : Kajian Materi Ips Sekolah Dasar
6. Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Perancangan Pembelajaran Yang Mendidik
Profesional : Hakikat Pembelajaran PPKn
Pedagogik : Perancangan Pembelajaran Yang Mendidik
Profesional : Hakikat Pembelajaran PPKn
7. Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Kajian Materi Ips Sekolah Dasar
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Kajian Materi Ips Sekolah Dasar
8. Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Materi Ajar Di Sekolah Dasar
Pedagogik : Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Materi Ajar Di Sekolah Dasar
9. Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar
Profesional : Tik Untuk Pengembangan Diri Guru
10. Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran Dan Tindak Lanjutnya
Profesional : Pengembangan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif