-->
Skip to main content

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1


Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1aplikasi penilaian dan raport K-13 Revisi 2017 kelas 2 Semester 1 dengan olah penilaian dan cetak raport konpetensi inti dan kompetensi dasar di SD/MI, hanya sebagai perbandingan bagi rekan guru yang sudah menggunakan aplikasi penilaian raport K-13 sebelumnya.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Apakah di aplikasi penilaian dan raport K-13 Revisi 2017 kelas 2 Semester 1 sama? Dalam aplikasi penilian raport K-13 hampir sama persisnya dengan aplikasi peniliain raport kelas 1. Penilian yang digunakan dalam aplikasi ini memuat penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, kehadiran siswa mulai dari awal masuk sampai dengan akhir semester, tinggi & berat badan, kondisi fisik peserta didik, prestasi siswa dan ektrakulikuler sekolah harus diisi selengkap mungkin, karena apabila pengisiannya tidak lengkap, akan mempengaruhi ke hasil cetak aplikasi tersebeut.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Sebelum mengguanakan Aplikasi Raport  K-13, saya sarankan menggunakan microsoft office 2010 ke atas, jika menggukan dibawah office 2010, fungsi menu dari aplikasi penilaian dan raport k-13 revisi 2017 kelas 2 semester 1 tidak akan berjalan dengan normal, begitu juga fitur menu lainya. Bagi rekan Guru sebelum menggunakan aplikasi raport K-13 yang perlu di pahami yaitu :
·         Saat buka aplikasi : Aktifkan atau Enable kan Macro Excel nya.
·         Isi Data Sekolah
·         Data peserta didik
·         Tanggal penerimaan raport
·         Kehadiran peserta didik
·         Kondisi fisik peserta didik
·         Prestasi peserta didik
·         Ektrakulikuler sekolah
·         KKM



Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Pada Isian Data diatas diutamakan lebih awal, namun kami hanya sekedar kembali mengingatkan, tentang teknik penilaian, Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Teknik penilaian yang digunakan yaitu secara observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.
Dalam karakteristik proses penilaian pembelajaran yang akan dilakukan pendidik, misalnya perilaku kerjasama dalam diskusi kelompok dan kerapihan dalam praktikum termasuk kedalam pelaksanaan penilaian sikap, pendidik juga dapat merencanakan indikator sikap yang akan diamati.




Kompetensi Dasar (KD)
Seluruh kompetensi dasar dalam aplikasi raport K-13 ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing masing. Perlu diketahui juga, kompetensi dasar pada Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 sudah disesuaikan dengan Buku Guru dan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 pada tanggal 7 Juni 2016.

Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1

Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Seorang pendidik perlu melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi  pengetahuan peserta didik. Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut dapat juga digunakan sebagai pemetaan kesulitan belajar peserta didik dan perbaikan proses  pembelajaran.

Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
Ada tiga teknik penilaian keterampilan diantaranya :
1.    Penilaian kinerja
Tujuannya adalah untuk mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/atau hasil (produk). Penilaian ini menekankan pada kualitas proses mengerjakan atau melakukan suatu tugas atau kulaitas produknya atau kedua-duanya.

2.    Penilaian proyek
Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu tugas dalam periode atau waktu tertentu. Penilaian proyek dapat dilakukan untuk mengukur satu atau beberapa KD dalam satu atau beberapa mata pelajaran.Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan penyajian data, serta pelaporan.

3.    Penilaian portofolio
Sampel karya siswa terbaik dari KD pada KI-4 digunakan untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan dalam satu semester. Portofolio dapat disimpan dalam bentuk cetakan atau elektronik. Pada akhir semester kumpulan sampel karya tersebut digunakan sebagai bagian bahan untuk mendeskripsikan pencapaian keterampilan secara deskriptif. Portofolio keterampilan tidak diskor lagi dengan angka



Referensi Link 1Link 2


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar