Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, aplikasi penilaian dan raport K-13 Revisi 2017 kelas 2 Semester 1 dengan olah penilaian dan cetak raport konpetensi inti dan kompetensi dasar di SD/MI, hanya sebagai perbandingan bagi rekan guru yang sudah menggunakan aplikasi penilaian raport K-13 sebelumnya.
Aplikasi
Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Apakah
di aplikasi penilaian dan raport K-13 Revisi 2017 kelas 2 Semester 1 sama?
Dalam aplikasi penilian raport K-13 hampir sama persisnya dengan aplikasi
peniliain raport kelas 1. Penilian yang digunakan dalam aplikasi ini
memuat penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Selain
itu, kehadiran siswa mulai dari awal masuk sampai dengan akhir semester, tinggi
& berat badan, kondisi fisik peserta didik, prestasi siswa dan
ektrakulikuler sekolah harus diisi selengkap mungkin, karena apabila
pengisiannya tidak lengkap, akan mempengaruhi ke hasil cetak aplikasi
tersebeut.
Aplikasi
Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1
Aplikasi
Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Sebelum
mengguanakan Aplikasi Raport K-13, saya sarankan menggunakan microsoft
office 2010 ke atas, jika menggukan dibawah office 2010, fungsi menu dari
aplikasi penilaian dan raport k-13 revisi 2017 kelas 2 semester 1 tidak akan
berjalan dengan normal, begitu juga fitur menu lainya. Bagi rekan Guru sebelum
menggunakan aplikasi raport K-13 yang perlu di pahami yaitu :
· Saat buka aplikasi : Aktifkan atau Enable kan Macro Excel nya.
· Saat buka aplikasi : Aktifkan atau Enable kan Macro Excel nya.
·
Isi Data Sekolah
·
Data peserta didik
·
Tanggal penerimaan raport
·
Kehadiran peserta didik
·
Kondisi fisik peserta didik
·
Prestasi peserta didik
·
Ektrakulikuler sekolah
·
KKM
Aplikasi
Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1, Pada
Isian Data diatas diutamakan lebih awal, namun kami hanya sekedar kembali
mengingatkan, tentang teknik penilaian, Penilaian sikap terdiri atas penilaian
utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi
harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari
penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat
konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Teknik penilaian yang digunakan yaitu secara observasi melalui
wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu
(incidental record) sebagai unsur penilaian utama.
Dalam karakteristik proses penilaian pembelajaran yang
akan dilakukan pendidik, misalnya perilaku kerjasama dalam diskusi kelompok dan
kerapihan dalam praktikum termasuk kedalam pelaksanaan penilaian sikap,
pendidik juga dapat merencanakan indikator sikap yang akan diamati.
Kompetensi
Dasar (KD)
Seluruh kompetensi dasar dalam aplikasi raport K-13 ini
dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing masing. Perlu diketahui juga,
kompetensi dasar pada Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2
Semester 1 sudah disesuaikan dengan Buku Guru dan Peraturan Menteri Pendidikan
Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 pada tanggal 7 Juni 2016.
Download
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1
Penilaian
pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi
intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan,
menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Seorang pendidik perlu melakukan
penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik. Penilaian terhadap
pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan
penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut dapat juga
digunakan sebagai pemetaan kesulitan belajar peserta didik dan perbaikan proses pembelajaran.
Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan
untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan
tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi.
Ada tiga teknik penilaian keterampilan diantaranya :
1. Penilaian kinerja
1. Penilaian kinerja
Tujuannya
adalah untuk mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/atau
hasil (produk). Penilaian ini menekankan pada kualitas proses mengerjakan atau
melakukan suatu tugas atau kulaitas produknya atau kedua-duanya.
2.
Penilaian
proyek
Tujuannya
adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya
melalui penyelesaian suatu tugas dalam periode atau waktu tertentu. Penilaian
proyek dapat dilakukan untuk mengukur satu atau beberapa KD dalam satu atau
beberapa mata pelajaran.Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari
perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan penyajian
data, serta pelaporan.
3.
Penilaian
portofolio
Sampel
karya siswa terbaik dari KD pada KI-4 digunakan untuk mendeskripsikan capaian
kompetensi keterampilan dalam satu semester. Portofolio dapat disimpan dalam
bentuk cetakan atau elektronik. Pada akhir semester kumpulan sampel karya
tersebut digunakan sebagai bagian bahan untuk mendeskripsikan pencapaian
keterampilan secara deskriptif. Portofolio keterampilan tidak diskor lagi
dengan angka
Referensi Link 1, Link 2